Senin, 02 Februari 2009

Apakah Palang Merah Itu ? (serial penyakit,pengobatan dan perawatan kesehatan)




Palan merah adalah badan internasional g membantu korban perang, bencana alam dan krisis lainnya. Organisasi ini memberi pelindungan pada orang sakit dan terluka termasuk dokter dan perawat yang sedang bertugas. Komite Palang merah internasional didirikan pada tahun 1863.


Ini dimulai ketika seorang pria muda Swiss yang bernama Henri Dunnant berjalan melewati medan pertempuran tempat terbaringnya ribuan serdadu yang terluka, sekarat dan meninggal. Ini terjadi pada tahun 1859, diakhir pertempuranSolferino. Tidak ada seorangpun yang mengobati dan menangani serdadu yang terluka atau sedang sekarat tersebut. Teriakan, tangisan, luka terbuka dan membusuk membuat henri dunnan shock dan tidak dapat berbuat apa apa.


Henri Dunnant begitu tersentuh dan menaruh simpati sehingga ia segera berangkat ke kota terdekat di italia dan mengumpulkan sekelompok wanita yang baik hati untuk mengurus dan merawat para serdadu yang terluka dan sekarattersebut. Ia mengajak penduduk berbagai negara untuk ikut membantu dan menyelamatkan orang-orang yg terluka dengan membentuk sebuah organisasi. Menurut beliau, banyak penderitaan, kesakitan dan kesedihan dapat dihindari dengan melayani orang-orang yang terluka di medan pertempuran tanpamembedakan daerah atau negara.


Akibatnya, delegasi dari empat belas negara mengadopsi konvensi jenewa pada tahun 1864. dibawah konvensi ini mereka memutuskan untuk memberi kenetralan pada orang-orang (dokter dan lain-lain) yang merawat para serdadu yang terluka ini. Sekarang, organisasi ini telah mempunyai jejaring yang mencakup lebih dari 100 Palang Merah Nasional. The red cross sosiety mendapat hadiah nobel pada tahun 1917, 1944 dan 1963.badan ini berkantor pusat di Jenewa. Kemudian badan palang merah inggris didirikan pada tahun 1870.


Henri Dunnant meninggal pada tahun 1910. Ia mendapat hadiah Nobel pertama pada tahun 1901. Ia adalah orang besar dan seorang Philantropis. Berkat jasanyalah sekarang ini begitu banyak palang merah yang memberikan pelayanan kemanusiaan tanpa membeda-bedakan suku, baik disaat perang maupun damai. Gambar Palang Merah diatas latar belakang putih adalah bendera, yang merupakan tanda pelayanan dan kenetralan. ini adalah kebalikan dari bendera swiss. sekarang tanda ii juga digunakan untuk rumah sakit, ambulans mobil dokter dan lainlain.


Diambil dari Buku " Pustaka Anak Cerdas Vol 2"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar